Senin, 08 Maret 2010

Jawaban Soal Microsoft Excel

1. Apa yang dimaksud Microsoft Excel ?
Jwb : Pengertian Microsoft excel adalah Program aplikasi pada Microsoft Office yang digunakan dalam pengolahan angka (Aritmatika).


2. Ada berapakah cara membuka program Microsoft Excel itu ?
Jwb : Langkah – langkah untuk mengaktifkan Ms. Excel ada dua yaitu :
Cara I :
1) Klik tombol Start kemudian pilih All Programs
2) Klik / sorot Microsoft Office pilih Microsoft Office Excel
Cara II :
1) Double Klik Pada shortcut / gambar diatas
2) Tekan Enter

3. Bagaimana cara kita untuk memindahkan data atau table ?
Jwb : Untuk memindahkan data:
1) Lakukan blok pada semua data yang ingin dipindahkan.
2) Klik kanan pada mouse, lalu pilih cut.
3) Pilih tempat yang ingin dijadikan tempat berpindah, kemudian klik kanan lalu pilih paste.


4. Bagaimana cara kita untuk memperbanyak data ?
Jwb : Untuk memperbanyak data:
1) Lakukan blok pada semua data yang ingin diperbanyak.
2) Klik kanan pada mouse, lalu pilih copy.
3) Pilih tempat yang ingin dijadikan tempat hasil copy-an, kemudian klik kanan lalu pilih paste.

5. Jika kita akan menjumlahkan angka keseluruhan kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : Untuk menjumlahkan data dalam range kita menggunakan rumus : =SUM(range)

6. Jika kita akan mencari angka tertinggi kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : Untuk mencari data tertinggi dalam range kita menggunakan rumus : =MAX(range)

7. Jika kita akan mencari angka terendah kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : Untuk mencari data terendah dalam range kita menggunakan rumus : =MIN(range)

8. Bagaimana cara penulisan rumus HLOOKUP ?
Jwb : Rumus:
=HLOOKUP(Sel Kunci(Range Tabel);Offset Baris)

9. Apakah fungsi dari X dalam rumus HLOOKUP ?

10. Fungsi dari B dalam rumus HLOOKUP adalah ?

11. Bagaimana penulisan rumus VLOOKUP
Jwb : Rumus :
=VLOOKUP(Sel Kunci(Range Tabel);Offset Kolom)

12. Apakah fungsi K dalam rumus VLOOKUP ?

13. Bagaimana cara penulisan rumus pada fungsi logika ?
Jwb : Cara penulisan rumus :
=IF (Logical Test;true1;if(Logical Test;true2;false))

14. Apakah fungsi dari TRUE dari rumus LOGIKA ?
Jwb : Fungsi dari TRUE : Kondisi jika syarat yang ditetapkan terpenuhi

15. Apakah fungsi dari FALSE dari rumus LOGIKA ?
Jwb : Fungsi dari FALSE : Kondisi jika syarat yang ditetapkan tidak terpenuhi

16. Untuk mengambil data disebelah kiri kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : =LEFT

17. Untuk mengambil data di tengah kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : =MID

18. Untuk mengambil data disebelah kanan kita menggunakan rumus apa ?
Jwb : =RIGHT

19. Bagaimana caranya untuk membuat judul tersebut di tengah?
Jwb : cara untuk membuat judul tersebut di tengah :
Ketik terlebih dahulu kata yang menjadi judul lalu blok kolom sampai ke kolom paling akhir tabel. Gunakan merge and center pada toolbar untuk membuat judul berada ditengah.

20. Apakah yang disebut dengan CELL ?
Jwb : Cell adalah suatu kotak yang digambarkan sebagai perpotongan dari sebuah kolom dan sebuah garis.

21. Bagaimana cara kita menyimpan data atau file ?
Jwb : Cara menyimpan lembar kerja :
1) Klik menu File, kemudian pilih Save.
2) Lalu akan keluar kotak dialog, ketikkan nama file untuk lembar kerja.
3) Klik Save.

22. Bagaimana cara kita membuka data atau file tersebut ?
Jwb : Cara membuka lembar kerja :
1) Buka Microsoft Excel.
2) Klik menu File lalu pilih Open.
3) Setelah ditampilkan menu Open pilih file atau ketik nama file yang akan dibuka.
4) Klik Open.

23. Apa yang dimaksud dengan copy plus ?

24. Bagaimana caranya merubah angka menjadi format mata uang ?
Jwb : Cara merubah angka menjadi format mata uang :
1) Pilih menu Format lalu pilih Cells atau tekan Ctrl+1, maka akan ditampilkan kotak dialog.
2) Lalu pilih :
a. Currency untuk penulisan angka dengan penambahan simbol mata uang.
b. Accounting untuk penulisan enulisan angka dengan penambahan simbol mata uang dan pemisah ribuan.

25. Bagaimana cara mengubah angka menjadi persen ?
Jwb : Cara mengubah angka menjadi persen :
1) Pilih menu Format lalu pilih Cells atau tekan Ctrl+1, maka akan ditampilkan kotak dialog.
2) Lalu pilih Percentage untuk penulisan angka dalam persen (%).

26. Bagaimana caranya untuk membuat garis table ?
Jwb : Blok table yang akan dibuat bergaris lalu di menu toolbar home di alignment bagian border diubah menjadi all border.

27. Jelaskan arti dari rumus berikut :
=IF(nilai<60,”cukup”,if(nilai<75,”baik”,”sempurna”))
Jwb : Jika nilai dibawah 60 benilai cukup, jika di antara 60-75 maka bernilai baik dan jika diatas 75 maka bernilai sempurna.

28. Apa yang dimaksud dengan rumus HLOOK UP ?
Jwb : Memasukan data yang berasal dari table lain dengan format data meng-horizontal.

29. Apa yang dimaksud dengfan rumus VLOOK UP ?
Jwb : Memasukan data yangberasal dari table lain dengan data yang berbentuk vertical.

30. Apa fungsi dari rumus MAX ?
Jwb : Untuk mencari nilai maksimal dari sebuah data/tabel.

31. Apa fungsi dari rumus MIN ?
Jwb : Untuk mnecari nilai minimal dari sebuah data/tabel.

32. Apa fungsi dari rumus SUM ?
Jwb : Untuk mencari jumlah nilai dari sebuah data/tabel.

33. Apa fungsi dari rumus AVERAGE ?
Jwb : Untuk mencari rata-rata nilai dari sebuah data/tabel.

34. Apakah fungsi dari MERGE dan CENTER ?
Jwb : Untuk menghialangkan garis yang berada di tengah beberapa kolom.
35. Bagaimana cara untuk menambah baris kosong ?

36. Bagaimana cara untuk menambah kolom kosong ?

37. Bagaimana cara kitan menghidupkan computer dengan baik dan benar ?
Jwb :
- Pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan benar.
-Nyalakan sumber listrik.
-Hidupkan stabilizer(jika di gunakan), lalu monitor dan CPU.
- Lalu tunggu hingga proses starting selesai.

38. Bagaimana cara kitan mematikan computer dengan baik dan benar ?
Jwb :
-Pastikan semua program telah selesai.
-Klik start, pilih turn off lalu pilih shut down.
-Tunggu hingga CPU telah mati alau putus sambungan listrik

39. Apa yang harusm kita ketik pertama kali untuk membuat rumus ?
Jwb : Tanda sama dengan( = )

40. Jika keterangan ada lima, berapakah kita harus membuat IF ?
Jwb : Digunakan 3 IF

41. Jika IF-nya ada sepuluh, berapa kita harus membuat kurung tutup ?
Jwb : 10 buah

42. Apa yang dimaksud dengan baris ?

43. Apa yang dimaksud dengan kolom ?

44. Bagaimana cara kita untuk melebarkan dan menyempitkan kolom ?
Jwb : Arahkan kursor pada garis di antara nama kolom lalu geser kekanan atau kekiri.

45. Bagaimana cara kita untuk membuat grafik ?
Jwb : Di toolbar insert pada menu chart pilih jenis grafik dan bentuknya alalu klik.

46. Dalam standar dokumen Microsoft Exel ada berapa sheetkah dokumen tersebut ?
Jwb : Ada 3 sheet.

47. Apakah fungsi string itu ?

48. Apakah yang dimaksud dengan =RIGHT ?
Jwb : Jika data yang menjadi patokan berada di kanan.

49. Apakah yang dimaksud dengan =LEFT ?
Jwb : Jika data yang menjadi patokan berada di kiri.

50. Apa yang dimaksud dengan =MID ?
Jwb : Jika data yang menjadi patokan berada di tengah.


nb: maaf karena ada beberapa nomor yang belum dapat kami isi, kami akan berusaha mencarikannya untuk anda tapi bila anda mengetahui jawaban yang belum diisi anda boleh membagi jawaban anda terhadap kami.

terima kasih, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar